Tips Mudah Perawatan Pagar Rumah Minimalis Berbahan Besi

Bagi sebuah rumah, pagar rumah besi memiliki fungsi ganda. Tak hanya, menjaga privasi dan keamanan hunian, pagar rumah besi juga menambah estetika dan investasi rumah Anda. Sayangnya, karena berbahan metal, pagar rumah besi bersifat mudah berkarat. Sehingga, dibutuhkan trik agar bisa mempertahankan kualitas dan estetikanya bertahan lama hingga bertahun-tahun.

Banyak faktor yang menyebabkan pagar rumah besi menjadi berkarat, seperti sinar matahari dan pergantian suhu ekstrim. Dengan kondisi ini, korosi akan mudah terjadi pada pagar rumah minimalis yang berbahan besi.

Tapi, tak perlu cemas. Ada banyak cara untuk menghindari masalah pada pagar rumah modern berbahan besi. Anda bisa mengikuti tips perawatan tepat untuk pagar rumah minimalis berbahan besi berikut ya!

1. Perhatikan Tumbuhan Liar di Sekitar Pagar

Pagar Rumah Minimalis 1
Pagar Rumah Minimalis 1

Saat ini banyak orang yang menggunakan pagar rumah minimalis modern berbahan besi untuk menjaga propertinya. Biasanya, di sekitar pagar ditambahkan hiasan seperti bunga, tanaman, hingga bonsai.

Sehingga, tidak jarang di bawah pagar rumah ditumbuhi tanaman liar yang merambat ke pagar rumah. Tanaman liar ini seperti: rumput liar, ilalang, atau rumput teki. Selain itu, tidak jarang tumbuh lumut di permukaan pagar rumah besi.

Maka itu, pastikan untuk selalu membersihkan tumbuhan liar dan lumut tersebut. Pastikan juga untuk memangkas bunga atau bonsai yang daunnya telah memanjang ke arah pagar rumah.

2. Rutin Mengecat Ulang

Pagar Rumah Minimalis 2
Pagar Rumah Minimalis 2

Salah satu cara efektif memperlambat proses korosi adalah dengan mengecat pagar rumah besi. Pilihan cat yang baik adalah cat yang mengandung pelapis anti karat.

Selain menjaga kualitas lebih tahan lama, pagar rumah minimalis modern Anda juga akan semakin menawan dengan warna-warna cat yang menambah estetika hunian.

3. Oleskan Oli atau Minyak

Pagar Rumah Minimalis 3
Pagar Rumah Minimalis 3

Oli dan minyak tanah bisa digunakan sebagai pelapis alami pagar rumah besi untuk mencegah proses oksidasi. Pagar rumah besi yang selalu berada di luar rumah akan berinteraksi dengan berbagai zat dari lingkungan sekitar.

Sehingga, menimbulkan kesan kurang bersih. Untuk membersihkannya, sebaiknya oleskan oli dan minyak pada bagian pagar yang tersembunyi, terutama engsel.

Ciri-ciri engsel telah berkarat adalah mengeluarkan bunyi derit yang mengganggu dan membuat pagar sulit dibuka atau ditutup.

4. Melapisi Pagar dengan Timah

Pagar Rumah Minimalis 4
Pagar Rumah Minimalis 4

Pagar rumah sederhana maupun berkonsep mewah, akan mudah berkarat jika terpapar suhu ekstrim terlalu sering. Tapi, Anda tak perlu khawatir, cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah karat adalah menggunakan pelapis berbahan timah.

Timah merupakan jenis logam yang lebih awet dan tahan dari karat dibandingkan besi. Maka dari itu, cairan pelapis timah akan melindungi pagar rumah besi dari karat secara efektif.

5. Menghilangkan Karat dengan Soda atau Makanan Asam

Pagar Rumah Minimalis 5
Pagar Rumah Minimalis 5

Jika karat sudah mulai muncul, maka cara untuk menghilangkannya adalah menggunakan minuman bersoda. Caranya juga cukup mudah, cukup dengan soda kepada bagian pagar besi yang berkarat. yang berkarat. Diamkan beberapa saat, kemudian pakai lap kering untuk menggosok bagian yang sudah disiram minuman soda.

Selain minuman bersoda, bahan-bahan masak seperti cuka atau campuran soda kue, garam, dan air jeruk bisa digunakan untuk membasmi karat di pagar rumah besi  Anda. Caranya tetap sama, cukup siramkan bahan-bahan tersebut pada bagian yang berkarat, diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain.

Jika karat tampak membandel dan cukup tebal, maka bisa digunakan amplas. Namun, pastikan menggosok dengan perlahan agar tidak banyak mengikis bagian besi yang masih bagus.

Kendati sudah melakukan pemeliharaan pagar rumah besi secara cermat, mungkin saja Anda masih menemukan berbagai kendala yang membuat pagar harus dilakukan renovasi ulang atau bahkan mengganti dengan pagar rumah baru.

Solusi untuk Anda adalah memilih supplier pagar rumah minimalis berbahan besi yang profesional. Progenio menyediakan berbagai contoh pagar rumah dengan harga terjangkau budget. Hubungi kami hari ini dan dapatkan penawaran harga pagar rumah besi terbaik untuk Anda.

 

WA Jasa Laser Cutting

Sedang Mencari Jasa Pembuatan WALL ART, DEKORASI Dinding dan
Produk Custom untuk Interior dan Eksterior Rumah Anda ?

Kami juga menyediakan jasa pembuatan Wall Art, Dekorasi Dinding, Pagar,
Nomor Rumah, Fabrikasi metal dan nonmetal
dengan mesin CNC Laser Cutting
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email: sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *