Merawat mesin laser cutting, sebenarnya tidak sulit. Intinya, Anda bisa berikan perawatan dasar untuk menjaga kebersihan komponen-komponen mesin. Beberapa hal yang harus selalu dilakukan, misalnya:

  • Bersihkan mesin laser setelah selesai digunakan.
    Gunanya, menjaga mesin dari kotoran sisa produksi yang dapat menghambat kinerja mesin laser cutting. Anda bisa menggunakan blower atau kuas sapu untuk membersihkannya. Selain membuat mesin menjadi bersih dan nyaman digunakan, Anda menjaga sisa kotoran menempel di bagian mesin laser cutting. Kotoran tadi, apabila terus menumpuk dapat menggangu kinerja mesin.
  • Bersihkan juga bagian Lensa Mesin Laser Cutting Anda.
    Lensa yang kotor, akan berpengaruh dengan hasil pengerjaan Anda. Ya, sama seperti mata kita. Apabila kotor, maka kekuatan fokus sinar laser akan sangat berkurang. Anda dapat membersihkan lensa mesin menggunakan cotton bud, yang dibasahi dengan alkohol. Kemudian, gosok dengan lembut pada lensa yang kotor tadi.
  • Hindari pengerjaan material PVC.
    Dalam pengerjaan dengan laser, PVC akan terbakar menjadi asap tebal. Asap itu banyak mengandung partikel yang bersifat lengket. Partikel-partikel itu sangat mudah melekat pada fan belt, roda gigi motor, dan rel tempat kepala laser bergerak. Ini dapat mengurangi mengganggu kinerja dan mengurangi usia parts.
  • Biasakan memberikan Minyak Pelumas secara rutin
    Terutama pada bagian rel tempat pergerakan kepala laser. Hal ini, untuk menjaga pergerakan mesin Anda tetap halus. Teliti rujukan pada petunjuk pemakaian mengenai di mana dan kapan Anda harus menambahkan pelumas.
  • Cek suhu air secara berkala
    Terutama saat pemakaian. Jangan sampai suhunya melebihi spesifikasi yang ditetapkan pabrik. Jika air terlalu panas,  Anda bisa ganti dengan air yang lebih dingin, tapi jangan menggunakan air es. Perbedaan suhu yang terlalu ekstrim dapat merusak tabung kaca di bejana air.

Dengan pemeliharaan dasar yang rutin dan teliti tadi, Anda sudah meminimalisir banyak pengeluaran tak terduga seperti: ongkos servis apabila mesin macet, pengerjaan ulang akibat lensa tidak fokus, bahkan juga biaya penggantian parts karena rusak akibat hal sepele.

Berniat membuat produk custom dari metal atau non metal ?
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny Karina Simon
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *