5 Tempat Yang Sebaiknya Pasang Kabel Tray / Kabel Ladder

Pada artikel MACAM MACAM TIPE CABLE MANAGEMENT SYSTEM , kita telah membahas mengenai jenis jenis kabel tray dan kabel ladder yang saat ini secara umum beredar di pasaran Indonesia. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai siapa saja yang sebenarnya membutuhkan kabel tray ? untuk itu mari kita simak pembahasan berikut.

Pada dasarnya, kabel tray dan kabel ladder adalah perlengkapan yang digunakan untuk jalur pemasangan kabel listrik agar aman dan terlihat rapi. Kenapa aman ? Karena dengan kabel tray dan kabel ladder, instalasi kabel listrik bisa mudah untuk dirapikan sehingga kabel tidak saling terlilit dan tumpang tindih. Karena jika kabel listrik dibiarkan terlilit dan tumpang tindih, sangat memungkinkan untuk terjadi konsleting, muncul percikan api, dan terjadi kebakaran.

Selain itu, dengan kabel yang diatur rapi pada kabel tray atau kabel ladder, proses maintenance kabel juga dapat dilakukan dengan mudah karena kabel lebih mudah dijangkau, tidak saling terlilit, dan dapat dikelompokkan sesuai dengan peruntukan kabelnya.

Berangkat dari kegunaan dasar kabel tray dan kabel ladder tersebut, berikut adalah 5 tempat yang sebetulnya memerlukan kabel tray dan kabel ladder :

1. PERKANTORAN

Kabel Tray 1
Kabel Tray 1

Kantor identik dengan tempat di mana banyak orang berkumpul untuk melakukan pekerjaan, yang sudah jelas pasti akan banyak melibatkan barang elektronik yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan kerja tersebut oleh karenanya di dalam area perkantoran tersebut pasti digunakan instalasi perkabelan listrik yang sangat panjang dan rumit. Apalagi pada area perkantoran yang memiliki jumlah lantai lebih dari 1, tentu semakin menambah panjang dan kerumitan dari kabel itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kantor dipasang kabel tray atau kabel ladder untuk merapikan kabel kabel tersebut. Kegunaanya adalah untuk mencegah kabel saling terlilit sehingga menyebabkan konslet, dan juga agar maintenance kabel menjadi mudah karena sudah tersusun dengan rapi.

Kabel Tray 2
Kabel Tray 2

 

2. PEMUKIMAN

Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia, rumah menjadi produk yang sangat tinggi permintaanya. Dari tahun ke tahun ketersediaan lahan untuk rumah juga semakin menipis, memaksa masyarakat mendirikan rumah saling berdempetan. Dengan ramainya penduduk tersebut, dapat dipastikan instalasi kabel listrik yang diperlukan juga semakin banyak, seperti gambar berikut

Kabel Tray 3
Kabel Tray 3

Instalasi kabel listrik seperti pada gambar sudah menjadi pemandangan umum, alur kabel kabel tersebut kemudian diteruskan menuju rumah rumah yang membutuhkan.

Namun di sini kita akan menyoroti tentang instalasi kabel yang berada pada rumah, dengan 1 kabel yang kemudian dicabangkan ke seluruh titik “outlet power” rumah, sebaiknya menggunakan kabel tray atau kabel ladder untuk menata jalur perkabelan tersebut. Selain untuk mempermudah perbaikan ketika terjadi putus kabel, faktor keamanan juga menjadi perhatian karena dapat mencegah terjadinya kabel saling bertumpuk yang menyebabkan konslet dan terjadi kebakaran.

 

3. MALL

Kabel Tray 4
Kabel Tray 4

Sesuai fungsinya yaitu sebagai pusat pembelanjaan, bangunan ini sudah pasti memiliki banyak toko yang masing masing membutuhkan instalasi listrik. Dengan jumlah toko yang bisa mencapai puluhan dan bahkan ratusan, jalur perkabelan yang dimiliki oleh sebuah mall pasti rumit. Oleh karena itu, sebagai faktor keamanan dan kemudahan dalam maintenance, pihak manajemen mall sebaiknya menggunakan kabel tray ataupun kabel ladder sebagai sarana untuk merapikan kabel instalasi listrik mereka.

Kabel Tray 5
Kabel Tray 5
Kabel Tray 6
Kabel Tray 6

 

4. WARNET

Jaman sekarang WARNET (Warung Internet) sudah sangat berbeda dengan warnet jaman dahulu yang fungsinya hanya untuk memfasilitasi individu yang tidak mempunyai akses ke internet untuk sekedar browsing atau menonton video sekedarnya. Saat ini, warnet sudah mengalami banyak perubahan, seperti ruangan yang dibuat senyaman mungkin, kursi duduk super empuk, dan komputer dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk menjalankan game kelas berat sekalipun.

Kabel Tray 7
Kabel Tray 7

Dengan perubahan tersebut, sudah pasti perangkat elektronik yang dibutuhkan juga semakin banyak. Oleh karena itu, sebaiknya dipasang kabel tray ataupun kabel ladder untuk merapikan instalasi kabel listrik dan instalasi kabel jaringan yang cukup banyak tersebut. Selain faktor keamanan dan kemudahan maintenance, kabel  tray dan kabel ladder yang dipasang pada warnet juga akan menambah kesan rapi serta estetik ketika dilihat oleh pengunjung.

Kabel Tray 8
Kabel Tray 8

 

5. PABRIK

Kabel Tray 9
Kabel Tray 9

Pada sebuah pabrik, faktor estetik memang bisa menjadi nomor kesekian untuk diperhatikan. Namun yang menjadi perhatian utama adalah faktor keamanan, baik itu keamanan untuk para personil maupun keamanan untuk sistem produksi yang digunakan (mesin, gedung, hasil produksi).

Kabel Tray 10
Kabel Tray 10

Dengan kapasitas produksi yang semakin meningkat, hal ini dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan listrik pabrik. Jadi tidak mengherankan apabila pabrik memunyai instalasi listrik dengan kabel kabel yang sangat rumit jika dibandingkan bangunan lainnya seperti rumah atau kantor. Oleh karena kerumitan tersebut, sebaiknya pabrik juga dipasang kabel tray dan kabel ladder untuk kemudahan maintenance serta merapikan kabel kabel yang ada.

Kabel Tray 11
Kabel Tray 11
Kabel Tray 12
Kabel Tray 12

Sebenarnya pengaplikasian kabel tray dan kabel ladder ini tidak terbatas pada 5 tempat yang disebutkan di atas, namun kabel tray dan kabel ladder ini sifatnya universal. Sehingga semua tempat yang dilalui kabel bisa dipasang kabel tray maupun kabel ladder, baik untuk alasan keamanan maupun estetika.

Sekarang pertanyaannya, sudahkah tempat Anda terpasang kabel tray atau kabel ladder ?

 

CV. Inti Daya Engineering
Kami menerima pengerjaan Kabel Tray dan Cable Ladder
dan semua Accessories Kabel Tray/Ladder dengan harga bersaing
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *