Stainless steel sering kita jumpai dan sudah tidak asing lagi. Mulai dari bidang otomotif, furniture, industry, hingga pengolahan makanan. Tapi, apakah stainless steel aman untuk makanan?

Banyak alat masak yang terbuat dari stainless steel. Alasannya, karena stainless steel aman terhadap makanan, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Kelebihan ini yang membuat stainless steel banyak digunakan di skala industry maupun rumah tangga.

Benar, stainless steel tampak mengkilap, halus, serta tahan akan korosi. Ini fitur yang membuatnya dianggap aman untuk menangani makanan. Namun itu bukan berarti stainless steel pasti aman untuk makanan. Ada standar yang harus dipenuhi seperti harus mudah dibersihkan dan anti bakteri.

Kebanyakan peralatan masak stainless yang ada di toko memungkinkan krom dan nikel dapat terurai ke makanan ketika panas, air, dan senyawa kimia (seperti asam dan garam) bertemu. Senyawa krom dan nikel stainless dapat terlarut ketika dipanaskan. Krom dan nikel akan mengendap didalam tubuh dan tidak dapat dihilangkan jika tertelan, dan menyebabkan masalah kesahatan dalam jangka waktu tertentu.

Karena itu, kenali grade kode stainless sebelum Anda membeli peralatan Stainless Anda, karena tidak semua stainless steel aman untuk makanan. Grade 304 dikenal tahan akan korosif dan foodgrade tetapi grade 304 tidak tahan akan paparan air laut (kadar garam tinggi). Grade 316 lebih tahan akan senyawa garam daripada grade 304. Ini yang membuat grade 316 lebih cocok untuk pengolahan makanan dilaut karena tahan akan daerah dengan kadar garam tinggi.

Demikian juga pemeliharaan perangkat stainless, sangat perlu diperhatikan agar tetap aman untuk makanan. Misalnya: jangan sekali – sekali membersihkan peralatan dapur menggunakan sikat kawat. Sikat kawat akan menggores lapisan anti karat stainless, yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya karat.

Demikian sekilas informasi tentang stainless steel yang aman untuk pengolahan makanan Anda. Semoga bermanfaat!

Anda membutuhkan JASA LASER CUTTING ?
atau sedang membutuhkan Jasa ROLL PLAT, POTONG TEKUK PLAT, dan PUNCH yang dapat diandalkan ?
Kami juga menyediakan jasa roll plat, potong tekuk plat, dan punch
serta jasa laser cutting untuk fabrikasi metal dan nonmetal
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email: sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *