Mengenal Silencer Genset

Bagi beberapa orang yang kurang mengenal Genset, istilah ‘Silencer’ kadang agak rancu dengan istilah ‘Silent Box‘.

Silent Box adalah kotak penutup genset yang bertugas meredam suara mesin secara keseluruhan, sementara Silencer (umumnya juga disebut ‘Knalpot’ atau ‘Muffler’) adalah peredam suara ledakan yang keluar dari ruang bakar di dalam mesin.

Sebagaimana kita ketahui, di dalam mesin terjadi ledakan-ledakan terkendali, yang menjadi sumber daya gerak putaran mesin. Suara ledakan ini sangat keras dan terbawa keluar melalui saluran gas buang. Jika tidak ada Silencer atau knalpot, suara ledakan yang keras ini keluar begitu saja ke lingkungan dan akan menimbulkan polusi suara yang luar biasa. Silencer-2

Fungsi utama Silencer adalah meredam suara ledakan, namun Silencer juga harus menyalurkan aliran gas buang dari mesin dengan lancar. Jika aliran gas buang tidak lancar, udara sisa pembakaran tidak dapat dibuang keluar dari ruang bakar, dan akan menimbulkan gangguan pada kinerja mesin.

Pada umumnya ada 3 macam Silencer Genset, yaitu :

1. Industrial Silencer

Industrial Silencer biasanya hanya berupa susunan tabung-tabung dari plat baja, dan tidak memiliki tambahan bahan peredaman di dalamnya, sehingga suara yang terdengar masih cukup keras.

Sesuai namanya, ini adalah Silencer yang daya redam suaranya dapat ditoleransi oleh lingkungan industri. Area kerja lingkungan industri umumnya cukup ramai karena ada mesin-mesin lain, kesibukan pekerja, lalu lalang kendaraan, dan sebagainya. Karena itu lingkungan industri juga masih dapat mentoleransi suara mesin yang agak keras.

Silencer tipe ini umumnya digunakan untuk genset open type, dan biasanya disertakan sepaket dengan engine baru yang Anda beli. Bila Anda membeli engine dan generator baru, dan ingin membuat box silentnya, Industrial Silencer bawaan dari engine baru itu tidak dapat digunakan pada box silent Anda. Bila Anda tetap menggunakan silencer itu maka peredaman box silent Anda tidak akan maksimal.

2. Residential Silencer

Sesuai namanya, Residential Silencer harus mampu meredam suara mesin hingga dapat ditoleransi oleh lingkungan Residensial (perumahan/tempat tinggal). Lingkungan perumahan jelas jauh lebih tenang daripada area kerja industri.

Untuk itu Residential Silencer memiliki tambahan bahan untuk peredaman, biasanya rockwool, sehingga output suara yang terdengar lebih halus daripada Industrial Silencer. Silincer ini biasanya digunakan untuk genset Silent Type yang berkapasitas kecil (< 250 KVA ). Ukuran diameter dan panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Super Residential Silencer

Sama dengan Residential Silencer, hanya saja ada perbedaan pada desain peredaman suara di dalamnya. Super Residential Silencer biasanya menggunakan plat lubang/plat perforator yang ditata sedemikian rupa, dan diisi rockwooll yang lebih padat, sehingga suaranya pun akan jauh lebih redam. Super Residential Silencer biasanya digunakan untuk genset silent type yang berkapasitas besar ( > 250 KVA ).

Bagaimana membedakan ketiga jenis Silencer ini?

Bila dilihat sepintas dari luar, bisa jadi ketiga tipe silencer ini tidak terlalu terlihat perbedaannya. Tetapi biasanya industrial silencer memiliki ukuran diameter yang lebih kecil.

Perbedaan akan lebih terasa bila Anda mencoba untuk mengangkatnya. Industrial silencer akan jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan silencer tipe lainnya. Anda juga bisa mencoba melihat ke dalam pipa keluaran/outputnya. Dari sana bila terlihat hanya plat lubang/perforator maka itu adalah industrial silencer. Tetapi apabila yang terlihat adalah plat lubang/perforator yang diisi rockwool, maka itu adalah super residential silencer.

Demikian sedikit informasi mengenai Silencer mesin Genset. Jika ada pertanyaan atau berminat untuk membuat Silencer yang baru yang lebih cocok untuk peredaman genset Anda, silakan menghubungi kami di 031-8416288.

CV. Inti Daya Engineering
Kami juga menerima pengerjaan Silent Box,  Peredaman Ruangan Genset, Knalpot Genset, Panel Genset, Cable Tray dan semua Accessories Genset yang presisi dan bebas dempul
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

Renny

Renny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV