Macam Macam Tipe Cable Management System

Cable Management System adalah perlengkapan yang digunakan untuk jalur pemasangan kabel listrik agar aman dan terlihat rapi, dan terdiri dari kombinasi komponen-komponen penyangga kabel, untuk mengarahkan kabel listrik maupun kabel data dalam instalasinya sesuai dengan tata ruang yang dikehendaki.

Ada dua jenis komponen utama dalam Cable Management System, yaitu :

  • Cable Tray
  • Cable Ladder

Sesuai namanya, yang membedakan dari kedua komponen ini, adalah desain dan bentuk dari penampang untuk menyangga kabel. Cable Tray berbentuk seperti Nampan, sedangkan Cable Ladder berbentuk seperti Tangga.

Untuk lebih mengetahui mengenai kekurangan dan kelebihan dari masing masing jenis Cable Management System ini (Tray dan Ladder), Anda bisa cek artikel kami yang membahas mengenai hal tersebut di, Cable Management System : Cable Tray dan Cable Ladder (https://www.intidayaonline.com/en/cable-management-system-cable-tray-cable-ladder/)

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai macam macam bentuk dari Cable Tray dan Ladder. Tiap merek bisa jadi punya nama dan istilah tersendiri untuk tipe-tipe tersebut. Tetapi secara bentuk umumnya, berikut adalah 3 tipe Cable Tray dan Ladder:

  • Tipe U
  • Tipe C, dan
  • Tipe W

1. Cable Tray dan Cable Ladder Tipe U

Disebut sebagai Tipe U, karena bentuk dari penampangnya yang jika dilihat dari depan membentuk huruf U. Ciri khas dari Cable Tray tipe ini adalah terdapat 2 sudut siku 90 derajat yang nantinya digunakan sebagai tempat dimana kabel kabel diletakkan.

Sedangkan untuk cable ladder tipe U terlihat bentuk dinding kiri dan kanannya yang ditekuk sehingga menyerupai huruf U.

Cable Tray Tipe U
Gambar 1. Cable Tray Tipe U
Cable Ladder Tipe U
Gambar 2. Cable Ladder Tipe U

 

2. Cable Tray dan Cable Ladder Tipe C

Tipe Cable Tray dan Ladder ini mirip dengan tipe U, namun memiliki tambahan tekukan “sayap” di bagian atas dinding, sehingga apabila dilihat dari samping, penampang Cable Tray dan Cable Ladder ini membetuk huruf C. Tujuan penambahan tekukan “sayap” ini adalah untuk memperkuat struktur Tray dan Ladder untuk memperkecil peluang terjadinya deformasi pada tray atau ladder. Karena itu, tipe ini dapat memuat beban lebih besar daripada tipe U.

Cable Tray Tipe C
Gambar 3. Cable Tray Tipe C

 

Cable Ladder Tipe C
Gambar 4. Cable Ladder Tipe C

 

3. Cable Tray dan Cable Ladder Tipe W

Tipe W merupakan sebutan pada cable tray dan ladder yang menggunakan dinding dengan lekukan yang lebih kompleks daripada bentuk U dan C. Lekukan itu sedemikian rupa sehingga jika dilihat penampangnya menyerupai bentuk huruf W. Bentuk ini jelas paling kuat menanggung beban berat dan dapat direntang lebih panjang.

Cable Tray Tipe W
Gambar 5. Cable Tray Tipe W
Cable Ladder Tipe W
Gambar 6. Cable Ladder Tipe W

 

Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk menentukan Cable Tray ataupun Cable Ladder yang cocok untuk kebutuhan Anda !!

CV. Inti Daya Engineering
Kami juga menerima pengerjaan Silent Box,  Peredaman Ruangan Genset, Knalpot Genset, Panel Genset, Cable Tray dan semua Accessories Genset yang presisi dan bebas dempul
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *