Cable Management System : Cable Tray & Cable Ladder

Salah satu produk dari Inti Daya Engineering adalah Cable Management System dibawah naungan merk VENTRA. Pada prinsipnya, Cable Management System kombinasi komponen-komponen penyangga kabel, untuk mengarahkan kabel listrik maupun kabel data dalam instalasinya sesuai dengan tata ruang yang dikehendaki.

Ada dua tipe komponen utama Cable Management System kami, yaitu Cable Tray dan Cable Ladder. Komponen lain dalam Cable Managemen System adalah komponen aksesoris. Namun dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan keduanya, dan mana yang lebih cocok bagi kebutuhan Anda.

Cable Tray adalah komponen penyangga kabel yang terdiri dari permukaan bawah sebagai dasaran (karena itu disebut Tray, atau nampan), yang memiliki tepian tegak, atau terhubung dengan komponen tepian. Tepian ini menjaga agar kabel di atas dasaran tidak jatuh keluar tray. Cable Tray juga dapat dilengkapi dengan cover (tutupan) atas, sehingga kabel sepenuhnya tertutup dari gangguan eksternal.

cable tray

 

Cable Ladder adalah komponen penyangga kabel yang disusun seperti tangga(karena itu disebut Ladder, atau tangga), yaitu terdiri dari komponen tepian kiri dan kanan, beserta anak-anak tangga yang menghubungkan kedua tepian tersebut.

 

Satu hal yang perlu kita perhatikan adalah, bahwa baik Cable Tray dan Cable Ladder digunakan hanya untuk menyangga kabel, bukan sebagai:

  1. Pelindung kabel dari gangguan mekanik, seperti kejatuhan, terpukul, terpotong, dan sebagainya.
  2. Tangga untuk dilewati manusia
  3. Tempat jalan manusia

Pemakaian Cable Tray dan Ladder yang tidak tepat semacam ini dapat menimbulkan cedera dan kerusakan kabel!

Ada beberapa keunggulan Cable Ladder jika dibandingkan dengan Cable Tray:

  1. Struktur Cable Ladder bisa dikatakan lebih kuat daripada Cable Tray. Dengan bentuk seperti tangga, kekuatan strukturnya solid, tidak mudah berubah bentuk jika mendapatkan tekanan berat kabel.
  2. Bentuk tangga juga berarti kemudahan melihat (inspeksi) jalannya kabel dari bawah. Jika ada kerusakan atau ketidakwajaran kabel, akan mudah terlihat dari bawah.
  3. Kabel di atas Cable Ladder tidak tertutup, sehingga kabel bisa bekerja di dalam rentang temperatur idealnya. Dengan demikian kabel tidak perlu diperhitungkan derating Kelihatannya sepele, tapi ini dapat menghemat biaya pembelian kabel dalam jumlah yang lumayan besar!

Sementara itu, Cable Tray memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Cable Ladder:

  1. Jika dilihat dari bawah, Cable Tray lebih rapi.
  2. Cable Tray bisa digunakan untuk menunjang interior ruangan.
  3. Cable Tray menyangga kabel di SEPANJANG kabel itu, tidak hanya pada titik-titik tertentu seperti pada Cable Ladder. Ini sangat penting bagi kabel fiber optic.
  4. Memberikan proteksi lebih terhadap gangguan mekanis, seperti kejatuhan dan sebagainya.
  5. Juga memberikan tambahan perlindungan terhadap gangguan elektromagnetis.

Melihat kelebihan-kelebihan keduanya, kita dapat menyimpulkan kapan kita lebih memilih Cable Tray, dan kapan pula Cable Ladder lebih baik kita gunakan.

Cable Ladder memang lebih kuat dan praktis daripada Cable Tray. Karena itu Ladder baik kita gunakan jika pertimbangan keindahan ruangan tidak relevan, seperti misalnya di pabrik atau basement yang tidak banyak terlihat orang.

Di lain pihak, Cable Tray lebih estetis dan dapat disesuaikan dengan interior ruangan. Karena itu, untuk penggunaan di area publik seperti restoran atau perkantoran, Cable Tray dapat menjadi pilihan kita.

Dalam berurusan dengan kabel fiber optic atau kabel data yang peka terhadap gangguan elektromagnet, Cable Tray juga bisa menjadi pilihan yang lebih baik daripada Cable Ladder.

Demikian sekilas informasi mengenai Cable Tray dan Cable Ladder. Semoga bermanfaat!

Anda tertarik memasang Cable Management pada instalasi kabel Anda ??
Kami juga menerima pembuatan Cable Tray & Cable Ladder
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny Simon
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *