Karat atau korosi sering Anda jumpai pada besi dan baja disekitar Anda. Apalagi jika besi dan baja tersebut terendam oleh air, maka makin cepat pertumbuhan karatnya. Apa sebenarnya karat/korosi itu? Bagaimana bisa terjadi? Dan, bagaimana cara mencegah terjadinya karat?

Karat atau korosi pada logam adalah proses rusaknya logam besi/baja karena terjadinya reaksi kimia antara logam dengan zat yang ada disekitarnya, lalu membentuk senyawa yang tidak dikehendaki. Kontak langsung besi/baja dengan air dan udara menimbulkan oksidasi (bereaksinya besi dengan Oksigen pada H2O) menjadi Karat. Karat juga bisa terjadi karena reaksi kimia antara Besi dan Asam Kuat seperti Asam Klorida.

Pada stainless steel, permukaan mereka dilindungi lapisan yang mencegah korosi sehingga relatif jauh lebih tahan karat.

Nah, besi dapat berubah menjadi karat besi, yang biasanya berwarna coklat kemerahan. Karat bersifat rapuh, tidak kuat seperti besi, dan mudah terkelupas. Akibatnya, struktur besi secara keseluruhan mengalami pengeroposan. Besi yang digunakan sebagai pondasi, misalnya, jika berkarat maka akan menjadi rapuh dan mudah ambruk sewaktu–waktu! Alat produksi di industri makanan dan farmasi, jika berkarat maka karat tersebut akan mudah terbawa kedalam makanan dan obat – obatan. Hal – hal tersebut berbahaya dan sangat merugikan.

Karat besi yang timbul akibat kelembaban, biasanya juga menjadi sarang bakteri Clostridium Tetani, penyebab penyakit Tetanus. Karena itu 20% orang yang terluka oleh karat besi, akhirnya terjangkiti oleh Tetanus. Bukan karatnya yang menyebabkan tetanus, melainkan bakteri yang berdiam di karat tersebut.

Karat / korosi pada logam dapat dicegah dengan beberapa cara, yaitu:

1. Pelapisan dengan cat.

Lapisan cat akan melindungi besi kontak langsung dengan air dan oksigen, oleh karena itu mengapa pagar rumah diberi lapisan cat agar tidak berkarat.

2. Dibalut menggunakan plastic.

Plastik dapat mencegah besi kontak dengan air dan oksigen. Contohnya, peralatan rumah tangga dibalut plastic untuk menghindari dari berkarat.

3. Tin Plating (Pelapisan dengan timah)

Timah tergolong logam yang tahan akan karat. Kaleng kemasan biasanya terbuat dari besi yang dilapisi dengan timah. Lapisan timah hanya akan melindungi besi selama lapisan itu utuh (tidak cacat). Apabila lapisan timah tadi rusak atau tergores, maka timah akan mempercepat korosi pada besi. Hal itu karena potensial reduksi timah lebih tinggi daripada besi.

4. Pelapisan dengan krom.

Besi dan baja dapat dilapisi dengan krom untuk memberi lapisan pelindung dari karat. Bagusnya lagi besi dan baja yang diberi lapisan krom lebih mengkilap. Krom dapat memberi perlindungan walaupun lapisan kromium ada yang tergores/rusak.

Demikian sekilas informasi tentang karat pada baja/besi. Semoga bermanfaat!

Anda membutuhkan JASA LASER CUTTING ?
atau sedang membutuhkan Jasa ROLL PLAT, POTONG TEKUK PLAT, dan PUNCH yang dapat diandalkan ?
Kami juga menyediakan jasa roll plat, potong tekuk plat, dan punch
serta jasa laser cutting untuk fabrikasi metal dan nonmetal
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email: sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *