Cara Meredam Suara Genset Dengan Ruangan Genset

Suara genset yang cukup keras dapat menimbulkan polusi suara yang menyebabkan gangguan pendengaran. Tidak heran jika mereka yang terkena polusi ini akan menuntut kita untuk memasang peredaman yang lebih baik pada ruang genset kita.

Peredaman ruang genset seharusnya sudah dipikirkan pada saat perencanaan gedung, bukan nya setelah tetangga sekitar menuntut. Berikut adalah beberapa tips perencanaan yang dapat meningkatkan kualitas peredaman ruang genset kita:

  1. Letakkan ruang genset di bawah tanah

Tanah merupakan peredam suara yang sangat baik. Karena itu jika kondisi lapangan memungkinkan, sebaiknya ruang genset diletakkan di bawah permukaan tanah, atau tertimbun tanah.

  1. Perhatikan penempatan saluran buangan angin radiator

Ada dua sumber suara paling besar pada genset, yaitu Mesin dan Kipas Radiator Genset. Suara Kipas ini sangat dekat dengan saluran keluarnya buangan angina radiator. Karena itu saluran buangan angin radiator perlu dijauhkan dari area yang sensitif terhadap suara.

Buangan angin ini sebisa mungkin jangan diletakkan pada gang. Dinding-dinding gang akan memantul-mantulkan suara kipas ini sehingga terdengar lebih kuat dari sebenarnya.

  1. Perhatikan peletakan ruang genset

Jelas, ruangan genset sebisa mungkin diletakkan jauh dari area sensitif suara. Sebisa mungkin ruang genset memiliki jarak dengan bangunan tetangga agar getaran dinding ruang genset tidak ‘tertular’ masuk ke gedung lain.

Jika memungkinkan ruang genset ditempatkan agak ke tengah, supaya suara yang ditimbulkan setidaknya tertutup oleh struktur gedung kita sehingga tidak mengganggu tetangga.

Namun tentunya pertimbangan peletakan ruang genset bukan masalah suara. Karena itu desainer harus memperhitungkan trade-off yang paling ideal untuk peletakan ruang genset.

ruangan genset

Jika ruang genset sudah terlanjur berdiri namun masih perlu tambahan peredaman, berikut beberapa cara peredaman genset yang dapat dilakukan:

  1. Peredaman suara dengan menggunakan Noise Attenuator

Noise Attenuator dalam peredaman genset adalah perangkat peredaman suara yang modular, yang dipasang pada saluran-saluran udara. Attenuator ini dapat diletakkan pada saluran udara masuk dan  udara keluar, baik pada ruang genset maupun pada unit genset itu sendiri.

  1. Peredaman suara dengan menggunakan Glasswool

Material peredam suara yang kini sangat banyak digunakan adalah Glasswool. Banyak merek Glasswool tersedia di pasaran. Biasanya Glasswool dipasang pada dinding, plafon, dan pintu ruang genset.

Glasswool dipasang dengan menggunakan Spindle Pin, dan ditutup dengan Glass Cloth. Agar lebih rapi bisa juga ditutup dengan plat perforator yang harganya lebih mahal tapi juga memberikan peredaman ekstra.

  1. Penambahan atau Upgrade Knalpot Genset

Suara mesin genset terdengar keras di area gas buang mesin. Karena itu untuk meredamnya, mesin harus dilengkapi dengan knalpot (Silencer).

Ada dua macam standar Silencer: Industrial Silencer, dan Residential Silencer.

Residential Silencer lebih besar dan tebal, dan memberikan peredaman jauh lebih baik daripada Industrial Silencer. Jika kita membeli genset Open Type, biasanya silencer yang kita dapatkan adalah tipe Industrial Silencer.

Kebutuhan jumlah dan ukuran silencer biasanya ditentukan bentuk dan ukuran mesin. Untuk mesin model V (V-Engine), biasanya membutuhkan dua silencer. Namun bisa juga saluran gas buangnya dijadikan satu sehingga Silencer yang diperlukan hanya satu. Namun tentunya ukurannya harus didesain lebih besar.

Kadang satu silencer saja kurang untuk meredam suara mesin. Untuk kepentingan ini ukuran silencer  harus diperbesar, atau diseri (seperti layaknya system baterai yang dipasang seri).

  1. Penambahan Vibration Damper

Satu sumber suara lagi dari genset adalah suara getaran struktur bangunan yang timbul akibat getaran mesin. Getaran struktur bangunan ini sangat rentan terjadi jika ruang mesin berada di lantai atas. Jika ruang mesin semakin dekat dengan permukaan tanah, masalah ini semakin minim.

Jika ruang genset Anda terletak di lantai atas, maka pada unit genset Anda perlu ditambahkan Vibration Damper untuk menyerap getaran dari base frame genset, sehingga tidak ‘menjalar’ ke struktur bangunan.

Demikian beberapa hal yang dapat kita pelajari tentang peredaman ruang genset kita. Semoga bermanfaat!

Anda berminat memasang Peredaman Ruangan untuk Genset Anda ?
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny Karina Simon
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *