Dalam membuat produk dengan teknik Laser Cutting, diperlukan bahan bahan atau material yang mendukung. Walaupun pada dasarnya, Laser Cutting dapar digunakan untuk hampir semua material, namun yang paling umum digunakan untuk Laser Cutting adalah Akrilik.

Akrilik adalah material plastik unggulan yang menyerupai kaca, tetapi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kaca. Akrilik, adalah plastik yang diproduksi menggunakan satu hingga banyak campuran asam acrylic. Polimetil metakrilat akrilik (PMMA) adalah salah satu bahan baku akrilik, karena PMMA memliki keistimewaan yaitu kuat terhadap benturan, tahan terhadap berbagai cuaca, dan kejernihan (tingkat tembus pandang). Layaknya kaca, akrilik juga dapat dibuat transparan, buram, dan berwarna.

Paris Akrilik
Menara Eiffel dai Akrilik

Ada beberapa macam akrilik yang beredar seperti :

1. Akrilik Transparan

Akrilik transparan adalah jenis yang paling sering digunakan, misalnya untuk pengganti kaca akuarium, lensa kacamata, gelas, lensa pembesar, dll. Akrilik transparan hampir menggantikan penggunakan lensa kaca karena harganya yang terjangkau dan tidak mudah pecah

2. Akriklik Warna

Akrilik ini disebut juga akrilik susu, karena berwarna putih susu yang tidak transparan, namun masih dapat membiaskan cahaya. Akrilik ini banyak digunakan untuk signboard, tempat makanan, dll.

3. Akrilik Riben / Buram

Adalah akrilik semi transparan, mengurangi intensitas cahaya yang melewatinya. Sebutan riben sebenarnya mengambil dari kata “Rayban” (nama merk kacamata gelap) karena karakter akrilik ini mirip dengan kaca mata gelap itu. Hanya saja, akrilik ini tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Ada beberapa keuntungan yang didapat ketika menggunakan akrilik seperti :

  1. Akrilik mudah dibentuk. Hanya dengan memanaskannya Anda dapat membentuknya.
  2. Kuat dan tahan akan benturan. Akrilik lebih tahan akan benturan daripada kaca. Kebanyakan lensa kaca mata kini menggunakan akrilik sebagai subtitusi kaca.
  3. Tahan terhadap kondisi cuaca. Akrilik lebih tahan terhadap cuaca, tidak seperti plastik – plastik lain yang mudah keropos dimakan usia.
  4. Akrilik tahan terhadap bahan kimia (zat asam ataupun basa), oleh karena itu akrilik juga sering digunakan untuk alat – alat medis.

Semoga bermanfaat!

Berniat membuat produk dari bahan Akrilik ?
Kami juga menerima pengerjaannya
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny Simon
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *