Lift dan Elevator

LIFT DAN ELEVATOR

Kita di Indonesia pasti familiar dengan dua istilah ini: Lift dan Elevator. Keduanya adalah kata serapan dari Bahasa Inggris, dan nampaknya merujuk pada hal yang sama. Kalau menyebut Lift atau Elevator, pikiran kita langsung mengarah pada ruang kecil yang kita masuki jika kita ingin berpindah lantai. Lalu jika keduanya memang sama, mengapa sampai diperlukan adanya istilah Lift dan Elevator ini? Apa sebenarnya perbedaannya?

Alat untuk memindahkan orang dan barang dari satu lantai ke lantai lain sebenarnya sudah ada sejak sebelum jaman Kekaisaran Romawi. Desain lift tertua adalah oleh Archimedes di abad 3 SM, matematikawan Yunani yang sangat terkenal itu. Orang Romawi menggunakan 24 lift di Koloseum yang ditenagai oleh lebih dari 200 orang budak. Pemakaian lift terus berlangsung di Eropa sampai ke abad 18 dengan desain kurang lebih serupa dengan desain Archimedes.

Lift Rumah

Hingga pertengahan abad 19, peralatan ini disebut dengan LIFT di Eropa. Tetapi pada saat itu juga ada penemuan sistem pengaman baru untuk lift di Amerika. Sistem ini membuat perusahaan lift tersebut sangat terkenal. Kebetulan, perusahaan itu menggunakan kata Elevator di dalam namanya. Jadi, di Amerika lift lebih dikenal dengan istilah ELEVATOR.

Itu sebabnya hingga saat ini di Amerika Serikat, Lift lebih dikenal dengan nama Elevator. Sementara itu di luar Amerika (termasuk Indonesia), kita mengenalnya dengan nama Lift. Istilah lift sendiri di Amerika mengacu pada lift yang lebih ‘sederhana’ daripada Elevator yang biasa mereka kenal. Lift bagi mereka adalah elevator kecil yang mungkin tidak menggunakan kabin (hanya platform saja).

Demikianlah sekilas pengetahuan umum mengenai beda Lift dan Elevator. Semoga bermanfaat!

 

Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lainnya seputar LIFT :

 

Kami juga menyediakan varian Lift dan Elevator UOLA Volkslift bagi berbagai kebutuhan Anda. Mulai lift untuk rumah, hingga Rumah Sakit, Hotel, Apartemen dan Gedung Perkantoran.

Silakan hubungi MR. ANANG ( 0812-5299-3715 ) untuk konsultasi GRATIS bagi kebutuhan LIFT atau ELEVATOR Anda.

Icon WA Anang Post Article

Ingin Memasang Lift Pada Rumah Anda ?
atau Ingin Konsultasi Seputar Pemasangan Lift ?
atau Ingin bertanya mengenai Harga Lift ?

Hubungi kami untuk Konsultasi GRATIS di :
031-8416288
WA : 0812-5299-3715 (Anang)

Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

Anang Kusdianto Uola Volkslift Inti Daya Engineering


Anang Rusdianto

Sales Lift & Escalator
CV Mitra Jaya Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *