Di artikel sebelumnya, SEWA  GENSET? BANYAK UNTUNGNYA (PART 1), kita sudah membahas keunggulan Operasional dan Ketenagakerjaan Sewa Genset dibandingkan dengan membeli genset. Anda bisa membacanya lagi disini.
Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai keunggulan Sewa Genset dari sudut pandang Arus Kas.

Para pakar Manajemen berkata: Omset adalah Kebanggaan, Laba adalah Prestasi, tapi Arus Kas adalah RAJA. Omset besar memang membanggakan, tapi prestasi sesungguhnya terlihat di Laba yang dicapai. Tapi seberapa besarpun prestasi Laba kita, kalau arus kas macet (misalnya karena Piutang tidak bisa ditagih), perusahaan sebesar apapun bisa kolaps! Seperti aliran darah dalam tubuh, demikianlah pentingnya Arus Kas dalam suatu perusahaan.

Nah, dengan menyadari pentingnya arus kas ini, keputusan manajerial yang bijak tidak boleh membebani arus kas kita secara berlebihan. Artinya:

  1. Jangan menimbulkan arus kas keluar dalam jumlah besar sekaligus,
  2. Harus terprediksi, dan
  3. Harus diimbangi dengan kas masuk yang memadai.

Pembelian Genset, biasanya dilakukan secara Tunai. Hal ini akan menjadi Kas Keluar yang cukup besar nilainya. Hampir tidak ada Vendor Genset yang mau memberikan fasilitas cicilan inhouse. Anda bisa meminta bantuan Lembaga Leasing, namun biasanya prosesnya cukup lama dan berbelit karena Genset tidak se-”cair” barang modal lain seperti gedung, tanah, truk dan mobil.

Pun dengan Leasing, Anda biasanya tetap harus membayar uang muka pembelian sebesar 20-40% harga genset. Jika genset yang Anda perlukan senilai Rp 200 juta, maka jelas Anda harus mengeluarkan kas sebanyak 40 sampai 80 juta!

Di sinilah indahnya menyewa: Anda tidak perlu mengeluarkan kas tunai sejumlah besar di awal transaksi sehingga arus kas Anda tidak terbebani berlebihan!

Masalah yang kedua adalah Biaya yang Tidak Terprediksi. Jika genset Anda tidak terpelihara dengan baik, Genset Anda bisa mengalami kerusakan. Masalahnya, garansi Genset biasanya HANYA meliputi gratis biaya Service (jasa servis), TIDAK TERMASUK Biaya Spare part (Suku Cadang). Padahal, harga Suku Cadang ini lah yang mahal!

Masalah sepele seperti kelalaian operator saja, bisa mengakibatkan genset rusak ringan hingga rusak total! Sebagai contoh nyata yang pernah kami jumpai: Operator menjemur kaus basah di belakang radiator genset yang sedang berjalan. Setelah kering, kaus itu jadi lebih ringan dan tertarik masuk ke kipas radiator. Akibatnya: kipas radiator patah. Patahannya merusak badan radiator. Mesin terus berjalan!

Untung kejadian ini ketahuan dan genset segera dimatikan. Jika dibiarkan, bisa jadi mesin akan overheating karena air radiator habis. Bisa jadi puli kipas radiator akan rusak karena bobot kipas tidak imbang lagi.

Untung juga karena pecahan kipas radiator terkena orang di dekatnya! Ini bisa menimbulkan luka parah atau bahkan kematian! Bayangkan betapa besar biaya dan konsekuensi moral yang akan timbul jika kecelakaan ini sampai kejadian!

Semua bahaya biaya yang tidak terduga ini tidak perlu lagi mengganggu tidur Anda, jika genset tersebut Anda Sewa, bukan Anda Beli. Vendor Sewa Genset Anda yang akan menanggung semua biaya tersebut, dan Anda tinggal meminta ganti unit baru agar perusahaan Anda tetap bisa operasional!

Indahnya menyewa genset!

CV. Inti Daya Engineering
Kami menyediakan genset untuk disewakan mulai dari 20 – 2000 KVA
Melayani seluruh daerah di Jawa Timur dan sekitarnya
Seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang, Malang,
Kediri, Pasuruan, Lamongan, Jember, Probolinggo, dll
Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik di :
(031) 8416288 atau WA 082335022792 (Ika)

Web : intidayaonline.com

Ika Syella
Rental Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *