Eskalator

ESKALATOR

Siapa yang tidak kenal Eskalator? Ia tak lain adalah tangga berjalan. Bentuknya seperti tangga, tetapi anak-anak tangganya dapat bergerak secara mekanis, mengantarkan orang yang berdiri di atasnya ke lantai atas atau bawah, tanpa orang tersebut harus melangkah sendiri.

Fungsinya mirip dengan Lift, yaitu untuk transportasi vertikal. Hanya saja tiap Eskalator terbatas pada satu lantai saja sementara satu unit lift bisa menjelajah hingga puluhan lantai. Bentuk seperti tangga juga sangat mengurangi efektivitas Eskalator untuk menaik-turunkan barang. Bahkan kursi roda atau troller bayi pun kadang sulit, bahkan membahayakan, jika dinaikkan ke atas Eskalator.

Tetapi keterbatasan ini diimbangi oleh kecepatan. Eskalator bisa memindahkan 6000 hingga 9000 orang per jam dari satu lantai ke lantai lain. Untuk implementasi bangunan publik yang digunakan ribuan orang, Eskalator adalah jawabannya. Tak heran Mall, Airport, dan Function Hall, semuanya menggunakan Eskalator sebagai moda transportasi vertikal utamanya.

Eskalator pertama di dunia
Eskalator Pertama di Dunia

Eskalator pertama di dunia dibuka pada 16 Januari 1893 sebagai wahana hiburan di Coney Island, Amerika Serikat. Penggunaan Eskalator yang pertama untuk bangunan umum ada di Toserba Harrods di Inggris pada tahun 1898. Teknologi mekanikal semacam ini belum pernah ada sebelumnya, dan membuat trauma para pengunjung. Deru mesin dan anak tangga seakan mau menelan siapa saja yang berani menaikinya.

Eskalator terpanjang di dunia
Eskalator Terpanjang di Dunia

Hingga saat ini, eskalator terpanjang dengan 2260 anak tangga, ada di Ngarai Enshi, Propinsi Hubei, China. Eskalator dengan panjang 688m ini digunakan para Turis untuk menikmati pemandangan ngarai. Butuh waktu 18 menit untuk menaiki eskalator ini dari ujung ke ujungnya!

Eskalator terpendek di dunia
Eskalator Terpendek di Dunia

Sedangkan Eskalator terpendek ada di More Departemen Store, Kawasaki, Jepang. Ia hanya memiliki 5 anak tangga, dan mencapai ketinggian 83,4cm saja.

Eskalator Spiral
Eskalator Spiral

Demi keindahan dan kesesuaian dengan arsitektur, beberapa pabrikan eskalator menyediakan eskalator twist yang berbentuk seperti tangga berputar. Walau nampak elegan, kecepatan eskalator semacam ini jadi sangat pelan karena batasan desain mekanisnya.

Demikian fakta-fakta singkat dan menarik tentang Eskalator! Semoga bermanfaat!

 

Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lainnya seputar LIFT :

 

Kami juga menyediakan varian Eskalator UOLA Volkslift. Silakan hubungi MR. ANANG ( 0812-5299-3715 )  untuk konsultasi GRATIS bagi kebutuhan LIFT dan ESKALATOR Anda.

Icon WA Anang Post Article

Ingin Memasang Lift Pada Rumah Anda ?
atau Ingin Konsultasi Seputar Pemasangan Lift ?
atau Ingin bertanya mengenai Harga Lift ?

Hubungi kami untuk Konsultasi GRATIS di :
031-8416288
WA : 0812-5299-3715 (Anang)

Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

Anang Kusdianto Uola Volkslift Inti Daya Engineering


Anang Rusdianto

Sales Lift & Escalator
CV Mitra Jaya Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *