Lift Barang dan Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya

Bangunan vertikal baik sebagai hunian maupun pusat bisnis saat ini sudah banyak didapati di kota-kota besar. Bangunan vertikal menjadi solusi mengatasi minimnya lahan untuk bangunan dan melonjaknya harga tanah.

Selain menawarkan panorama ketinggian yang menakjubkan, bangunan bertingkat juga memiliki kesan prestise dan eksklusif. Namun, tidak bisa dipungkiri, bahwa bangunan vertikal menyisakan masalah sendiri, khususnya untuk memindahkan barang dari lantai bawah ke lantai atas dan sebaliknya. Untuk masalah yang satu ini, maka dibutuhkan teknologi modern berupa lift barang atau cargo lift untuk mengatasinya.

Masalah yang selanjutnya muncul adalah yang berkaitan dengan pemilihan lift barang yang tepat. Saat ini, ada begitu banyak produk lift barang yang hadir di pasaran. Namun, sebelum membelinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal berikut ini agar dapat memilih lift barang atau cargo lift dengan tepat.

1. Kapasitas Barang

Lift Barang 1
Lift Barang 1

 

Ketika akan membeli lift barang, pastikan terlebih dahulu kapasitas barang, berupa ukuran dan banyak barang yang akan dimuat dalam cargo lift.

Jika perusahaan memiliki barang-barang yang besar dan dengan jumlah yang banyak, maka pilihan yang tepat adalah lift barang dengan ukuran yang dan cukup luas. Sedangkan, jika barang yang akan dipindahkan berupa barang-barang kecil dan berukuran ringan, maka bisa memilih lift barang sederhana.

Berat dan volume masing-masing barang yang dibuat dalam lift barang menentukan kapasitas cargo lift yang diperlukan. Biasanya, lift barang tersedia dengan bobot tertentu seperti 500 kg, 1 ton, hingga 30 ton.

2. Jangkauan

Lift Barang 2
Lift Barang 2

 

Jangkauan yang dimaksud adalah ketinggian yang dibutuhkan untuk memindahkan barang. Jangkauan akan menentukan struktur, ukuran, dan posisi lift barang yang digunakan pada bangunan.

Selain itu, jangkauan juga menentukan instalasi dari lift barang tersebut. Untuk jangkauan yang sangat tinggi (lebih dari 24 meter) instalasi yang ideal adalah di luar ruangan.

3. Spesifikasi Bangunan

Lift Barang 3
Lift Barang 3

 

Spesifikasi bangunan menentukan jenis cargo lift yang akan digunakan. Biasanya, teknisi yang pasang lift barang akan memberikan rekomendasi dan saran mengenai spesifikasi gedung yang dibutuhkan.

Maka itu, sangat penting untuk memastikan terlebih dahulu mengenai kondisi gedung agar pasang lift barang berjalan dengan lancar dan berfungsi optimal.

Hal-hal yang harus diperiksa, misalnya: kestabilan kontur tanah, pondasi bangunan, dan kualitas dinding hunian yang akan di-pasang lift barang.

4. Menentukan Jenis Cargo Lift

Lift Barang 4
Lift Barang 4

 

Ada dua jenis lift barang yang bisa dipilih, yaitu lift terbuka dan lift tertutup. Lift barang terbuka tidak memiliki poros. Sedangkan, lift barang tertutup memiliki poros di sepanjang garis instalasinya.

Lift barang terbuka hanya dapat digunakan hingga perjalanan maksimum 3 meter saja.

5. Sistem Penggerak yang Digunakan

Lift Barang 5
Lift Barang 5

 

Sistem penggerak utama yang digunakan adalah rantai pengarah dan sekrup penggerak. Ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu jenis sistem penggerak dengan supplier atau perusahaan pembuatan lift barang.

Sistem penggerak sangat penting, karena akan mempengaruhi durasi mobilitas lift barang, daya tahan komponennya, serta ketahanan kualitas lift barang.

Sebagian besar produsen pasang lift barang yang telah berpengalaman, menyediakan lift barang yang digerakkan tenaga hidrolik dan peredam kecepatan tinggi. Sehingga, pergerakan lift barang lebih halus, aman, dan dapat disesuaikan dengan berbagai pekerjaan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli lift barang atau cargo lift. Bagi Anda yang telah mengetahui spesifikasi cargo lift untuk perusahaan Anda, maka jangan tunda lagi, segera hubungi Volkslift hari ini!

UOLA-VOLKSLIFT merupakan supplier lift barang Surabaya yang menyediakan berbagai jenis elevator, termasuk lift barang murah namun berkualitas tinggi. Harga jual lift barang kompetitif dan sesuai budget Anda. Dapatkan penawaran harga lift barang atau harga cargo lift terbaik, sekarang juga!

 

Icon WA Anang Post Article

Ingin Memasang Lift Pada Rumah Anda ?
atau Ingin Konsultasi Seputar Pemasangan Lift ?
atau Ingin bertanya mengenai Harga Lift ?

Hubungi kami untuk Konsultasi GRATIS di :
031-8416288
WA : 0812-5299-3715 (Anang)

Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

Anang Kusdianto Uola Volkslift Inti Daya Engineering


Anang Rusdianto

Sales Lift & Escalator
CV Mitra Jaya Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *