6 Jenis “Ukuran” Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memasang Lift

6 Jenis “Ukuran” Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memasang Lift

Saat hendak menambahkan Lift pada hunian Anda, setidaknya ada 6 “UKURAN” yang harus Anda sediakan dan perhatikan agar pemasangan Lift pada properti Anda tidak mengalami kendala:

1. Ukuran Kabin
Ukuran Kabin Lift
Ukuran Kabin Lift

Kabin Lift, merupakan bagian Lift tempat Anda berpijak untuk naik maupun turun. Ukuran Kabin Lift biasanya menyesuaikan kapasitas maksimal dari Lift yang dipasang. Untuk UOLA-VOLKSLIFT, misalnya,  sebuah Lift Rumah berkapasitas 400 KG , membutuhkan ukuran lantai kabin sebesar 1,2 x 1,0 meter. Perhatikan ukuran kabin ini, terutama jika Anda perlu menggunakan lift untuk mengangkut barang-barang lain seperti furniture, brankas, lemari es, dan sebagainya.

Anda juga perlu memperhatikan ukuran tinggi kabin. Ketinggian kabin yang cukup bisa menimbulkan kesan lega dan mewah bagi penumpangnya.

Jika diperlukan, Anda bisa mencoba meminta pabrik Lift Anda untuk mengubah ukuran lantai kabin agar cocok dengan kebutuhan Anda nantinya.

Ukuran Kabin Lift 1
Ukuran Kabin Lift 1
Ukuran Kabin Lift 2
Ukuran Kabin Lift 2
Ukuran Kabin Lift 3
Ukuran Kabin Lift 3
Ukuran Kabin Lift 4
Ukuran Kabin Lift 4
Ukuran Kabin Lift 5
Ukuran Kabin Lift 5

 

2. Ukuran Pintu Lift
Ukuran Pintu Lift
Ukuran Pintu Lift

Pabrikan Lift sebenarnya sudah memberi ukuran pintu yang sesuai dengan kapasitas lift. Namun Anda juga bisa meminta ukuran khusus bagi pintu lift Anda. Misal, menjadi lebih tinggi atau lebih lebar.

Pintu Lift umumnya membuka dari tengah, atau disebut Center Opening. Ini adalah konfigurasi pintu yang paling cepat dalam membuka atau menutup. Namun jika ukuran hoistway tidak memungkinkan, Anda bisa memasang pintu Side Opening, yang membuka ke sisi kanan atau kiri secara teleskopik.

Ukuran Pintu Lift 1
Ukuran Pintu Lift 1
Ukuran Pintu Lift 2
Ukuran Pintu Lift 2
Ukuran Pintu Lift 3
Ukuran Pintu Lift 3
Ukuran Pintu Lift 4
Ukuran Pintu Lift 4
Ukuran Pintu Lift 5
Ukuran Pintu Lift 5

 

3. Ukuran Hoistway Lift
Ukuran Hoistway Lift
Ukuran Hoistway Lift

Hoistway adalah lorong vertikal tempat dimana kabin bergerak meluncur. Sebelum Anda memasang Lift, perlu Anda tentukan dulu di mana konstruksi hoistway akan diletakkan.

Di dalam hoistway ini akan ada kabin, mesin, railing, counterweight, dan sebagainya. Karena itu lebar dari hoistway ini harus diperhitungkan dan disesuaikan sesuai dengan spesifikasi Pabrik.

Lebih lengkap mengenai hoistway lift bisa Anda simak pada artikel kami, MENYIAPKAN HOISTWAY UNTUK LIFT

Ukuran Hoistway Lift 1
Ukuran Hoistway Lift 1
Ukuran Hoistway Lift 2
Ukuran Hoistway Lift 2

 

4. Ukuran Pit Lift
Ukuran Pit Lift
Ukuran Pit Lift

Pit Lift banyak fungsinya:

  • Menjadi tempat pemasangan peralatan safety sebagai antisipasi kecelakaan lift.
  • Menyediakan ruang bagi kabel-kabel lift untuk menjuntai bebas saat kabin berada di lantai rendah, sehingga kabel-kabel tersebut tidak lekas rusak akibat menggores dinding atau lantai.
  • Menyediakan ruang bagi manusia yang secara tidak sengaja berada di dalam ruang lift saat lift beroperasi. Misal: saat maintenance tidak dijalankan dengan baik, teknisi bisa saja sedang ada di dalam hoistway sementara lift dijalankan.

Ukuran pit sangat perlu diketahui sebelum konstruksi, dan dibuat dengan seksama sesuai ukuran Pabrik. Kendala utama untuk pit adalah kekedapan air. Jika pit sudah dibuat, namun ternyata kurang dalam, maka Anda bisa mengalami kesulitan menjaga kekedapan saat menambah kedalaman pit.

Untuk lebih lengkap mengenai pit lift, bisa Anda baca artikel kami SERBA SERBI PIT LIFT

Ukuran Pit Lift 1
Ukuran Pit Lift 1
Ukuran Pit Lift 2
Ukuran Pit Lift 2

 

5. Ukuran Lantai Tertinggi Lift
Ukuran Lantai Tertinggi Lift
Ukuran Lantai Tertinggi Lift

Seperti Anda ketahui, di atas kabin lift biasanya terdapat berbagai macam komponen dan peralatan lift. Personel maintenance dan instalasi biasanya juga perlu berada di atas kabin saat melakukan pekerjaannya.

Karena itu ukuran lantai adalah ukuran yang sangat penting diperhatikan. Saat kabin berada di lantai tertinggi, kepala kabin harus masih memiliki ruang yang cukup, bahkan untuk manusia bekerja secara aman.

 

6. Ukuran Konstruksi
Ukuran Konstruksi Lift
Ukuran Konstruksi Lift

Semakin besar beban yang dapat diangkat lift, tentunya semakin kuat pula struktur hoistway yang harus menanggungnya. Kekuatan struktur hoistway dapat dibangun dari kolom-kolom beton atau besi baja. Ukuran dan jumlah kolom beton dan baja ini sebaiknya Anda konsultasikan dulu secara spesifik dengan Vendor lift Anda sebelum pembangunannya.

Ukuran Konstruksi Lift 1
Ukuran Konstruksi Lift 1

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai 6 Jenis “Ukuran” Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memasang Lift

SEMOGA BERMANFAAT !!

 

Kami juga menyediakan varian Lift dan Elevator UOLA Volkslift bagi berbagai kebutuhan Anda. Mulai lift untuk rumah, hingga Rumah Sakit, Hotel, Apartemen dan Gedung Perkantoran.

Silakan hubungi MR. ANANG ( 0812-5299-3715 ) untuk konsultasi GRATIS bagi kebutuhan LIFT atau ELEVATOR Anda.

Icon WA Anang Post Article

Ingin Memasang Lift Pada Rumah Anda ?
atau Ingin Konsultasi Seputar Pemasangan Lift ?
atau Ingin bertanya mengenai Harga Lift ?

Hubungi kami untuk Konsultasi GRATIS di :
031-8416288
WA : 0812-5299-3715 (Anang)

Email : sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

Anang Kusdianto Uola Volkslift Inti Daya Engineering


Anang Rusdianto

Sales Lift & Escalator
CV Mitra Jaya Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *