6 Ide Dekorasi Rumah Untuk Menyambut Imlek

Perayaan Imlek atau tahun baru China menjadi perayaan yang ditunggu tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat dengan etnis China. Agar perayaan Imlek lebih terasa, kamu juga sebaiknya turut menghias rumah dengan dekorasi imlek yang menarik. Dengan ini Progenio memiliki beberapa tips dekorasi rumah yang bisa digunakan dalam rangka menyambut imlek:

.

.

1. Tentukan konsep imlek, tahun ini lebih ke tradisional atau modern

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mendekorasi rumah adalah menentukan konsep imlek yang sesuai. Konsep ini harus dipikirkan secara matang dan sesuai dengan style rumah kamu, karena konsep akan menentukan dasar dari seluruh dekorasi yang akan digunakan.

Dengan demikian, ini akan membantumu untuk mengetahui penataan yang baik pada setiap ruanganmu. Kamupun jadi tahu furnitur khas Imlek seperti apa yang akan digunakan nantinya.

Masih bingung mengenai pentingnya konsep diawal mendekor rumah ? Kamu bisa cek selengkapnya mengenai pentingnya Konsep pada Desain Interior pada artikel berikut, MANFAAT DESAIN INTERIOR UNTUK RUMAH

 

2. Gunakan Dominasi Warna Emas dan Merah

Imlek identik dengan dominasi dua warna, yaitu warna emas dan merah. Warna emas melambangkan keagungan, kewibawaan, dan simbol Kemakmuran, sedangkan warna merah melambangkan Keberuntungan dan simbol kebahagiaan. Oleh karena itu, penggunaan warna dengan dominan emas dan merah, perayaan Imlek atau Tahun Baru China diharapkan akan menjadi penanda kebahagiaan dan kemakmuran yang dirayakan bersama keluarga. Kedua warna ini juga diharapkan menjadi lambang keberhasilan yang dibalut dengan kebahagiaan hingga hari – hari mendatang.

Untuk menghias rumah dengan kedua warna tersebut, gunakanlah berbagai aksesoris yang mudah diganti. Misalnya mengganti sampul bantal sofa yang biasanya putih menjadi merah, mengganti sampul sofa menjadi berwarna kuning/emas dan lain sebagainya

Perayaan Imlek akan lebih terasa dengan semakin banyaknya aksesoris yang digunakan untuk menambah dekorasi rumah. Jangan sampai momen Imlek yang terjadi 1 kali dalam 1 tahun ini terlewatkan begitu saja karena bingung atau malas mendekor rumah ya !

 

3. Lampion

Ada satu aksesoris tambahan yang mudah ditemui saat Imlek, yaitu lampion. Tentunya lampion yang digunakan juga merupakan lampion dengan warna merah dan emas yang menyala terang. Dihiasi dengan gambar dan aneka tulisan khas China, nuansa Imlek akan lebih terasa dengan semarak.

Pada umumnya lampion imlek terbuat dari kertas, Namun jika ingin merasakan suasana lain, Kamu juga bisa menggunakan Laser Cutting dengan motif lampion. Laser Cutting Lampion akan memberikan nuansa yang berbeda pada rumah Anda dan semakin mempercantik nuansa imlek karena memadukan unsur Imlek dengan keindahan dekorasi modern.

 

4. Dekorasi Dengan Bentuk Hewan Khas China

Tidak lengkap rasanya jika tidak melengkapi dekorasi nuansa Imlek dengan bentuk hewan khas China seperti ikan koi, naga, phoenix, dan lain sebagainya. Terlebih jika menggunakan Laser Cutting sebagai sarana dekorasi rumah, tentunya hasil dekorasi tersebut akan sangat detail. Berikut motif motif hewan khas china yang bisa diterapkan pada dekorasi rumah kamu :

  a. Ikan Koi

Disebut sebagai Ikan Dewa, melambangkan keberuntungan dan umur panjang

  b. Naga dan Phoenix ( Long Feng Cheng Xiang )

Long Feng Cheng Xiang, atau bisa disebut juga dengan Naga dan Phoenix Membawa Berkah

  c. Hewan Hewan Representatif Shio Tahun Bersangkutan

Pada tahun 2021 ini atau dalam kalender Cina 2572 adalah Tahun Kerbau Logam. Sehingga motif dekorasi yang bisa dipakai adalah motif hewan kerbau

 

5. Gunakan Tata Letak Dekorasi Sesuai Fengshui

Fengshui merupakan sistem estetika China kuno. Kamu juga bisa lho coba menggunakan tata cara ala fengshui untuk mendekor rumah saat menyambut Imlek. Fengshui bukan hanya terkait dengan keindahan ruangan, tetapi juga nasib si pemilik ruangan tersebut.

Nah, mumpung Imlek akan segera tiba maka tak ada salahnya untuk mencoba menerapkan ilmu fengshui untuk mendekor rumah. Menggunakan fengshui juga bisa berarti menghargai kebudayaan para leluhur dalam kepercayaan China lho.

 

6. Motif khas China di Rumah

Keberadaan motif khas china akan memperkuat suasana ala imlek di rumah. Tak ada salahnya untuk menggunakan motif atau dekorasi dengan menggunakan motif khas China ini. Dengan motif ini rumah jadi terasa lebih berkarakter karena motif ini tidak harus di gunakan pada waktu imlek saja, motif ini juga cocok digunakan pada pagar rumah dan partisi ruangan agar lebih terlihat kental akan nuansa China. Kamu juga bisa menggunakan material Plat Besi dengan Laser Cutting sebagai sarana motif ini sehingga hasilnya lebih elegant dan tentu saja presisi.

Kamu juga bisa mengkombinasikan motif ini dengan salah satu huruf pada tiga dewa yaitu Fu Lu Shou. Seperti gambar diatas yang menggunakan kata Shou, yang juga dipercaya dapat mendatangkan umur panjang kepada si pemilik rumah.

Sekian tips dekorasi nuansa Imlek yang bisa digunakan, semoga membantu !

Anda ingin membuat WALL ART, DEKORASI Dinding dan
Produk Custom untuk Interior dan Eksterior Rumah Anda ?

Kami juga menyediakan jasa pembuatan Wall Art, Dekorasi Dinding, Pagar,
Nomor Rumah, Fabrikasi metal dan nonmetal
dengan mesin CNC Laser Cutting
Hubungi kami di :
031-8416288
WA : 0878 5241 7850 (Renny)
Email: sales@intidayaonline.com
Web : intidayaonline.com

RennyRenny
Production Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *