3 Macam Kotoran Solar

 

Seperti manusia harus minum air yang bersih, demikian juga mesin genset juga harus ‘minum’ solar yang bersih jika ingin sehat dan berumur panjang. Sayangnya seringkali kita jumpai pasokan solar yang kita terima dalam keadaan kurang bersih. Ada beberapa macam kotoran yang mengkontaminasi solar kita:

1. Partikel kasar
Layaknya pasir, kerak bekas tangki harian, serpihan metal, atau kotoran lain. Partikel ini dapat menyebabkan Fuel Filter lebih pendek umurnya. Apabila tidak terdeteksi, Filter yang kotor itu bisa jadi akan tersumbat total sehingga konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mesin jadi berkurang. Akibatnya mesin mengalami ‘stroke’, di mana tenaga mesin menurun dan dapat mengalami gagal operasional.

2. Partikel halus
Sejenis pasir tetapi sangat halus, hingga partikel tersebut tidak tersaring oleh fuel filter. Partikel itu akan terbawa masuk sampai pada system injection pump. Di dalam injection pump terdapat Plunger yang bertugas memompa bahan bakar dari barel injection pump menuju ruang bakar. Plunger berbentuk seperi piston yang bergerak di dalam sebuah silinder. Jarak bebas antara plunger dan linernya sangat sempit, jadi jika ada partikel yang masuk terselip ke ruang bebas itu, dinding liner/plungernya dapat terluka. Akibatnya, tekanan bahan bakar ke ruang bakar tidak maksimal sehingga daya mesin akan turun.

3. Air
Air di dalam BBM ikut terbawa ke sistem inection pump dan menyebabkan kerak atau karat. Partikel kerak atau karat ini sangat mungkin akan mengganggu sistem kerja sistem injeksi sehingga mesin dapat mengalami over speed.

Karena itu, jangan anggap enteng kualitas suplai solar yang kita pakai. Kadang Pelanggan Rental Genset kami merasa Operator Inti Daya Engineering agak cerewet mengkritisi kualitas solar yang akan dipakai. Tapi semua itu demi kelancaran operasional pelanggan kami juga. Untuk unit-unit genset yang besar kami bahkan menggunakan sistem tambahan penyaringan bahan bakar untuk memastikan solar kami bebas partikel.

Sita

Dewi Masita
Rental Sales Supervisor
Inti Daya Engineering, CV